As-Sayyid Ja’far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim bin Sayyid
Muhammad bin Sayyid Rasul al-Barzanji adalah seorang ulama besar
keturunan Nabi Muhammad Saw. dari keluarga Saadah al-Barzanji yang
masyhur berasal dari Barzanj di Iraq. Beliau dilahirkan di Kota Madinah
al-Munawwarah pada tahun 1126 H.
Leluhur Sayyid Ja'far semuanya merupakan ulama terkemuka yang terkenal
dengan ilmu dan `amal, keutamaan dan kesholehan. Prof. Dr. al-Muhaddits
al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi bin ‘Abbas al-Maliki
dalam Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif menulis
pada halaman 99:
Al-‘Allaamah al-Muhaddits al-Musnid as-Sayyid Ja’far bin Hasan bin Abdul
Karim al-Barzanji adalah Mufti Syafi’iyyah di Kota Madinah
al-Munawwarah. Terjadi perselisihan tentang tahun kewafatannya. Sebagian
ulama menyebutkan bahwa Sayyid Ja’far meninggal pada tahun 1177 H.
Al-Imam az-Zubaidi dalam al-Mu'jam al-Mukhtash menuliskan bahwa beliau
wafat tahun 1184 H, dimana Imam az-Zubaidi pernah berjumpa dengan beliau
dan menghadiri majlis pengajiannya di Masjid Nabawi yang mulia.
Beliau adalah pengarang kitab maulid yang masyhur dan terkenal dengan
nama Maulid al-Barzanji. Sebagian ulama mengatakan bahwa nama
karangannya tersebut adalah ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi
al-Azhar. Maulid karangan beliau ini adalah diantara kitab maulid yang
paling populer dan paling luas tersebar ke pelosok negeri 'Arab dan
Islam, baik di Timur maupun di Barat. Bahkan banyak dari mereka yang
menghafalnya.
Kandungannya merupakan khulashah (ringkasan) Sirah Nabawiyyah yang
meliputi kisah kelahiran Rasulullah Saw., diutusnya beliu Saw. sebagai
Rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga kewafatan beliau Rasulullah
Saw.
Kitab Maulid al-Barzanji ini telah disyarahi oleh al-‘Allamah al-Faqih
asy-Syaikh Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad yang terkenal dengan
panggilan Ba’ilisy dengan kitab syarah yang dinamakan al-Qaul al-Munji
'ala Maulid al-Barzanji yang telah berulang kali dicetak di Mesir.
(Beliau Syekh Ba`ilisy adalah seorang ulama besar jebolan al-Azhar
asy-Syarif, bermazhab Maliki lagi Asy`ari dan menjalankan Thoriqah
asy-Syadziliyyah. Beliau lahir pada tahun 1217 H/1802 M dan wafat pada
tahun 1299 H/1882 M. Karyanya antara lain adalah; Hidayat al-Murid li
'Aqidat Ahl at-Tauhid, Syarh al-'Aqa’id al-Kubra li as-Sanusi, Hasyiyah
'ala Syarhi ash-Shoghir li ad-Dardir, Minhu al-Jalil 'ala Mukhtashar
Khalil dan Hidayat as-Salik ila Aqrab al-Masalik fi Furu` al-Fiqh
al-Maliki).
Selain Syekh Ba’ilisy, ulama kita kelahiran Banten Pulau Jawa, yang
terkenal sebagai ulama dan penulis yang produktif dengan banyak
karangannya yaitu Punggawa Ulama Hijaz, an-Nawawi ats-Tsani, Syaikh
Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi turut menulis syarah dari kitab
Maulid al-Barzanji yang diberi judul Madarij ash-Shu’ud ila Iktisa’
al-Buruud.
Begitu juga dari salah satu cucu Sayyid Ja'far al-Barzanji yang bernama
sama dengan kakeknya yaitu Sayyid Ja’far bin Sayyid Isma’il bin Sayyid
Zainal ‘Abidin bin Sayyid Muhammad al-Hadi bin Sayyid Zain al-Barzanji,
telah menulis syarah dari kitab Maulid al-Barzanji tersebut yang diberi
judul al-Kaukab al-Anwar ‘ala ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiy
al-Azhar. Sayyid Ja'far ini juga adalah seorang ulama besar keluaran
al-Azhar asy-Syarif. Beliau juga merupakan seorang Mufti Syafi`iyyah.
Karangan-karangan beliau banyak, diantaranya; Syawahid al-Ghufran ‘ala
Jaliy al-Ahzan fi Fadhail Ramadhan, Mashabih al-Ghurar ‘ala Jaliy
al-Kadar dan Taj al-Ibtihaj ‘ala Dhau’ al-Wahhaj fi Isra’ wa al-Mi’raj.
Beliau juga telah menulis sebuah manaqib yang menceritakan perjalanan
hidup dan ketinggian kakeknya Sayyid Ja'far al-Barzanji dengan judul
ar-Raudh al-‘Athar fi Manaqib as-Sayyid Ja’far.
Sayyid Ja'far al-Barzanji, selain dikenal sebagai mufti, beliau juga
menjadi khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di masjid yang mulia
tersebut. Beliau terkenal bukan saja karena ilmu, akhlak dan takwanya,
tapi juga dengan kekeramatan dan kemakbulan doanya. Penduduk Madinah
sering meminta beliau berdoa untuk hujan pada musim-musim kemarau.
Diceritakan bahwa satu ketika di musim kemarau, di saat beliau sedang
menyampaikan khutbah Jum’at, seseorang meminta beliau beristisqa’
(memohon hujan). Maka dalam khutbahnya itu, beliau pun berdoa memohon
hujan, dengan serta merta doanya terkabul dan hujan terus turun dengan
lebatnya hingga seminggu lamanya, persis sebagaimana yang pernah terjadi
pada zaman Rasulullah Saw. Menyaksikan peristiwa tersebut, maka
sebagian ulama pada zaman itu telah memuji beliau dengan bait-bait syair
yang berbunyi:
“Dahulu al-Faruuq dengan al-‘Abbas beristisqa’ memohon hujan
Dan kami dengan Ja’far pula beristisqa’ memohon hujan
Maka yang demikian itu wasilah mereka kepada Tuhan
Dan ini wasilah kami seorang Imam yang ‘arif.”
Sayyid Ja'far al-Barzanji wafat di Kota Madinah dan dimakamkan di
Jannatul Baqi’, tepatnya di sebelah bawah maqam nenek moyang beliau dari
kalangan anak-anak perempuan Rasulullah Saw.
Sungguh karya-karya Sayyid Ja'far telah membawa umat untuk selalu
mengingat Rasulullah Saw. Menjadikan umat lebih mencintai Rasulullah
Saw. Menenggelamkan umat dalam lautan rindu kepada Rasulullah Saw.
Setiap kali karangannya dibaca, sholawat dan salam selalu terlantunkan
atas Baginda Nabi Agung Muhammad Saw.
Kegigihan Sayyid Ja’far dalam Menuntut Ilmu
Semasa kecilnya beliau telah belajar al-Quran dari Syeikh Ismail
al-Yamani, dan belajar tajwid serta memperbaiki bacaan dengan Syeikh
Yusof as-Su’idi dan Syeikh Syamsuddin al-Misri.
Diantara guru-guru beliau dalam ilmu agama dan syariat adalah:
• Sayyid Abdul Karim Haidar al-Barzanji
• Syeikh Yusuf al-Kurdi
• Sayyid Athiyatullah al-Hindi.
Beliau kemudian berhijrah dan menetap di Makkah selama lima tahun. Di sana beliau belajar kepada para ulama besar, diantaranya:
• Syeikh Athallah ibn Ahmad al-Azhari
• Syeikh Abdul Wahab ath-Thanthowi al-Ahmadi
• Syeikh Ahmad al-Asybuli
Beliau juga telah mendapatkan ijazah dari para ulama besar, diantaranya:
• Syeikh Muhammad ath-Thoyib al-Fasi
• Sayyid Muhammad ath-Thobari
• Syeikh Muhammad ibn Hasan al-‘Ajimi
• Sayyid Musthofa al-Bakri
• Syeikh Abdullah asy-Syubrawi al-Misri
Penguasaannya dalam Ilmu Agama
Beliau banyak menguasai cabang-cabang ilmu agama diantaranya ialah
Shorof, Nahwu, Manthiq, Ma’ani, Bayan, Adab, Fiqh, Ushul Fiqh, Faraidh,
Hisab, Ushuluddin, Hadits, Ushul Hadits, Tafsir, Hikmah, Handasah,
‘Arudh, Kalam, Lughat, Sirah, Qiraat, Suluk, Tasawwuf, Kutub Ahkam,
Rijal, Mustholahul Hadits.
Karya-karya Beliau
Karangan beliau cukup banyak diantaranya adalah:
• Al-Birr al-‘Ajil bi Ijabat asy-Syeikh Muhammad al-Ghafil
• Jaliyat al-Kadr bi Asmai Ashshab Sayyid al-Malaik wa al-Basyar
• Jaliyat al-Kurb wa al-Ahadiyyin bi Asma’ Sayyid al-‘Ajam wa al-‘Arab fi Asma’ al-Badriyyin
• Al-Lujjainiy ad-Daniy fi Manaqib asy-Syeikh Abdil Qadir al-Jailaniy
• Ar-Raudh al-Mu’thar fi Maa Yuhaddi as-Sayyid Muhammad min al-Asy’al
• Asy-Syiqaq al-Atrijiyyah fi Manaqib al-Asyraf al-Barzanjiyyah
• Ath-Thawali’ al-As’adiyyah min al-Mathali’ al-Masyriqiyyah
• Al-‘Ariyn li Asma’ ash-Shabat al-Badriyyin
• Fath ar-Rahman ‘ala Ajwibat as-Sayyid Ramdhan
• Al-Faidh al-Lathif bi Ijabat Naib as-Sar’ asy-Syarif
• Nuhudh al-Laits li Jawab Abi al-Ghaits
• ‘Iqd al-Jauhar fi Maulid an-Nabiyyi al-Azhar (Maulid al-Barzanji).
Kemasyhuran Beliau
Beliau telah diakui banyak kalangan dan mendapat kedudukan yang dekat di
sisi pembesar Makkah dan Madinah, serta para menteri Kerajaan
Utsmaniah. Kemasyhuran dan kehebatan beliau telah menyebar ke seluruh
pelosok dunia Islam. Karangan-karangan beliau telah diterima dan dipuji
oleh para ulama yang sezaman denganya sehingga tersebarlah
tulisan-tulisan beliau di kalangan para penuntut ilmu.
Sifat-sifat Beliau
Beliau mempunyai akhlak yang terpuji, jiwa yang bersih, sangat pemaaf
dan pengampun, zuhud, amat berpegang dengan al-Quran dan as-Sunnah,
wara’, banyak berdzikir, senantiasa bertafakkur, mendahului dalam
berbuat kebajikan, gemar bersedekah, dan sangat pemurah.
Penutup
Dari biografi singkat Sayyid Ja’far Al-Barzanji di atas, jelaslah bagi
kita bahwa beliau bukanlah orang biasa. Bahkan beliau menjabat sebagai
Mufti Madinah al-Munawwarah cukup lama yang mana hal ini menunjukkan
akan ketinggian ilmu beliau dan kesalehan beliau.
Refferensi
• Al-Kawakib al-Anwar Syarh al-Maulid an-Nabawiy, karangan Sayyid Ja’far
ibn al-Barzanji (keturunan Sayyid Ja’far al-Barzanji) yang wafat pada
tahun 1317 H/1899 M. Ditahqiq oleh Syeikh Nada Farj Darwisy, dan disimak
oleh Institut Pengkajian Akademik Universitas al-Azhar, cetakan Markaz
ibn al-Athar li at-Turats, halaman 647-650.
• Kasyf az-Zunun ‘an Asam al-Kutub wa al-Funun, karangan Haji Khalifah,
cetakan Dar al-Fikr, Beirut, tahun 1999 M, bab jim “Ja’far”, jilid 5,
halaman 211.
• Al-Asybah wa an-Nadzair, karangan al-Imam Jalaluddin as-Suyuthiy,
cetakan ketiga Dar al-Kutub al-Ilmiah, Beirut, tahun 2005 M, jilid 2,
halaman 225.
• Haul Ihtifaal bi Dzikra al-Maulid an-Nabawiy asy-Syarif, karangan
Prof. Dr. al-Muhaddits al-‘Alim al-‘Allamah as-Sayyid Muhammad bin ‘Alwi
bin ‘Abbas al-Maliki, cetakan al-Fithrah, Surabaya, halaman 99.
Sanad Maulid Barzanji
Maulid Barzanji merupakan kitab yang memuji dan menceritakan kehidupan
Rasulullah Saw., selalu dibaca dan dilantunkan orang ketika datangnya
bulan Rabi`ul Awwal di berbagai daerah dan negara seperti Indonesia,
Malaysia, Brunai, Singapura dan Thailand. Maulid Barzanji sangat
terkenal dan populer di Asia Tenggara, bahkan di sebagian tempat Maulid
Barzanji dibaca ketika acara perkawinan, acara khitanan, dan acara-acara
lainnya.
Kitab Maulid Barzanji diserang dan diperangi oleh sebagian orang yang
menganggap acara Maulid Nabi Muhammad Saw. adalah salah satu perbuatan
bid`ah, tetapi permasalahan ini adalah masalah khilafiyah yang
kebanyakkan umat islam berpegang teguh dengan bolehnya mengadakan Maulid
Nabi selama acara tersebut tidak terdapat unsur atau hal-hal yang haram
dan dilarang oleh Allah Swt. dan Nabi Saw.
Maulid Barzanji adalah karangan dari seorang ulama besar terkemuka di
masa beliau, telah berhasil memberikan jasa dan peninggalan yang
berharga bagi umat islam. Nama lengkap pengarang Barzanji adalah Sayyid
Ja`far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim bin Sayyid Muhammad bin
Abdurrasul al-Barzanji al-Madani asy-Syafi`i.
Beliau dilahirkan di kota Madinah. Beliau berasal dari golongan ulama
besar yang memiliki keilmuan yang tinggi, dan dari keturunan Rasulullah
Saw. Beliau memiliki sifat yang soleh dan penyantun, suka menolong orang
lain, rajin beribadah dan beramal soleh.
Syeikh Muhammad Khalil al-Muradi pengarang kitab Silku ad-Durar memuji
beliau dengan ungkapan sebagai berikut: “Beliau seorang Syeikh yang
mulia lagi alim, satu-satunya orang yang hebat di dalam segala bidang
ilmu, Mufti madzhab Syafi`iyyah di kota suci Madinah.” Selanjutnya
Syeikh Muhammad Khalil al-Muradi memuji lagi: “Beliau hebat di dalam
berpidato dan membuat karangan, sehingga beliau menjadi seorang Imam dan
Khatib Masjid Nabawi, dan beliau juga seorang tenaga pengajar di Masjid
Nabawi. Menulis berbagai macam kitab yang bermanfa`at dan karangan yang
indah.”
Beliau meninggal dunia pada tahun 1177 hijriyyah sebagaimana yang telah
disebutkan di dalam kitab Silku ad-Durar. (Lihat dalam Silku ad-Durar fi
A`yani al-Qarni ats-Tsani ‘Asyar juz 13 halaman 2 karangan Syeikh
Muhammad Khalil al-Muradi al-Hanafi, terbitan Dar Sodir Bairut, cetakkan
pertama tahun 1422-2001).
Sanad kepada Imam Ja`far al-Barzanji adalah, berkata al-Ustadz Muhammad
Husni Ginting bin Muhammad Hayat Ginting al-Langkati: “Saya meriwayatkan
kitab Maulid Barzanji dari Syeikh Saya al-Alim as-Syeikh Ahmad
Damanhuri bin Arman al-Banteni (w. 1426 H), beliau meriwayatkan dari
gurunya al-Allamah al-Muhaddits ast-Syeikh Umar Hamdan al-Mahrisi
at-Tunisi al-Madani (w. 1368 H), beliau meriwayatkan dari al-Allamah
Syeikh Sayyid Ahmad bin Ismail al-Barzanji Mufti madzhab Syafi`i di
Madinah, beliau meriwayatkan dari ayahandanya Sayyid Ismail bin Sayyid
Zainal Abidin al-Barzanji, beliau meriwayatkan dari ayahnya al-Allamah
Sayyid Zainal Abidin bin Sayyid Muhammad Abdul Hadi al-Barzanji, beliau
meriwayatkan dari ayahandanya al-Allamah Sayyid Muhammad Abdul Hadi
al-Barzanji, beliau meriwayatkan dari pamannya al-Allamah al-Faqih
Syeikh Sayyid Ja`far bin Sayyid Hasan bin Sayyid Abdul Karim al-Barzanji
pengarang kitab Maulid al-Barzanji.”
Saya (al-Ustadz Muhammad Husni Ginting bin Muhammad Hayat Ginting
al-Langkati) al-Faqir al-Langkati mengijazahkan sanad khusus ini bagi
siapa saja yang ingin menerimanya, semoga berkat dan kita termasuk orang
yang menyampaikan ilmu dan amanat kepada umat islam.
Zaqaziq, Syarqia Mesir 12 Rabi`ul Awwal 1432 H.
Sumber: http://pustakamuhibbin.blogspot.com/search/label/AL-BARZANJI
Posting Komentar